Longsor, Empat Desa Terancam Terisolasi - Indonesia
Headlines News :
Home » » Longsor, Empat Desa Terancam Terisolasi

Longsor, Empat Desa Terancam Terisolasi

Written By Dre@ming Post on Kamis, 30 Juni 2011 | 06.13

Kamis, 30 Juni 2011 | 06:10 WIB

ENREKANG - Akibat longsor yang terjadi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu, hingga kini jalur transportasi di empat desa di daerah tersebut masih terputus. Belum ada upaya pemerintah setempat melakukan perbaikan di ruas jalan yang menghubungkan Desa Leoran, Kabare, Baka, dan Desa Osso yang terletak di Kecamatan Cendana.

Putusnya jalur transportasi, menyebabkan masyarakat yang bermukim di ke empat desa tersebut mengalami kesulitan, mengingat ruas jalan yang terputus, adalah satu-satunya akses
yang bisa dilalui masyarakat setempat untuk menjual hasil pertanian mereka ke ibu kota kecamatan.

"Gara-gara jalan terputus dan belum dilakukannya pembenahan jalan, untuk bisa sampai ke ibu kota kecamatan, kami harus memutar jalan. dengan jarak yang lebih jauh karena mesti melewati Kecamatan Enrekang," kata Saenong, warga setempat.

Secara terpisah, anggota DPRD Kabupaten Enrekang, Warlina, mengakui sulitnya akses menuju ke empat desa tersebut. Dari hasil pantauannya, ruas jalan yang terputus, sama sekali tidak dapat dilalui.

Menurut Warlina, jika sebelumnya akses menuju ke empat desa tersebut hanya berjarak lima kilometer, namun pascabencana longsor beberapa waktu lalu, jalannya bisa mencapai 25 kilometer. "Karena warga mesti memutar lebih jauh," katanya.

Diharapkan Warlina, kerusakan parah pada jalur menuju empat desa di Kecamatan Enrekang tersebut segera dibenahi oleh pemkab setempat. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan semakin menambah beban masyarakat setempat, utamanya para petani.

Tidak hanya itu, terputusnya akses jalan ke empat desa tersebut mengakibatkan pengeluaraan masyarakat setempat untuk biaya transportasi. "Kasihan masyarakat, kerap menjadi korban putusnya akses jalan bencana longsor," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PUD) Kabupate Enrekang, Umar Werang mengatakan, sesegera mungkin pihaknya melakukan perbaikan di jalan lokasi terjadinya bencana longsor. "Tahun ini akan kami akan berusaha melakukan perbaikan utamanya jalur transportasi dari Desa Osso dan Bakka. Demikian halnya kerusakan jalan di sejumlah titik," katanya.



Dre@ming Post______
sumber : kompas
Share this article :

Total Visitors


 
Support : Dre@ming Media | Dre@ming Post | I Wayan Arjawa, S.T.
Copyright © 2011. Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Excata Published by DLC
Proudly powered by Dre@ming Media